Penyerahan BKB KIT STUNTING dan KIT Siap Nikah Anti Stunting

Penyerahan BKB KIT STUNTING dan KIT Siap Nikah Anti Stunting

Bina Keluarga Balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader. Dikembangkannya kelompok tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak balita, melihat dari tujuan kelompok kegiatan itu dapat juga dijadikan sebagai media mencegah stunting.

Dalam upaya pencegahan stunting, selain program Keluarga Berencana (KB) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memiliki program lainnya yaitu kelompok Bina Keluarga Balita atau BKB. Kader BKB adalah anggota masyarakat yang bekerja secara sukarela dalam membina dan menyuluh orang tua balita tentang bagaimana mengasuh anak secara baik dan benar. Kelompok BKB umumnya terdiri dari keluarga muda dengan anggota yang mempunyai anak batita atau anak balita. Program KB lebih mengupayakan pengaturan jarak kehamilan, BKB menyasar dalam peningkatan pengetahuan serta keterampilan dalam mengasuh anak. Dalam BKB, pemerintah mengajak orangtua untuk meningkatkan kualitas anak dalam rangka pembangunan keluarga.

Penting bagi tiap orangtua terutama yang baru memiliki anak pertama untuk mengikuti kelompok BKB, karena kegiatannya bertujuan untuk membantu mengatasi masalah dalam tumbuh kembang anak. Sehingga nantinya anak akan memiliki sikap yang positif dan berguna bagi keluarga.

Sejalan dengan program BKB yang sangat penting, pemerintah melalui program tersebut juga memprioritaskan Penanganan dan Pencegahan Stunting. Sehingga atas dasar hal tersebut Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memberikan kegiatan Penyediaan BKB KIT STUNTING.

Dan pada kesempatan ini Bupati Pelalawan beserta Ketua TP-PKK Kabupaten Pelalawan dan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana “Prima Merdekawati, S. Kep, MKM” menyerahkan BKB KIT Stunting dan KIT Siap Nikah Anti Stunting kepada Desa Kriung Kecamatan Bunut.

Kategori
:
Penyerahan BKB KIT Stunting
Tanda :
dp3ap2kbKecamatanOPD PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share